• Status Order
  • HP: 081273141966
  • SMS/WA: 081273141966
  • Line : arlojioriginal
  • BBM : D5E51A79
  • sales@arlojioriginal.com
  • YM:
Terpopuler:

Fenomena E-Commerce Indonesia

25 July 2016 - Kategori Blog

JAKARTA – Sebuah survei dengan 584 responden berhasil mengungkap fenomena-fenomen tentang E-Commerce. Studi ini dilakukan sebagai bagian dari projek penelitian independen di Hardvard Business School oleh Veritrans dan bekerjasama dengan DailySocial.

Varitrans merupakan prosesor pembayaran online terkemuka untuk pasar Indonesia yang berdiri sejak 2011, sedangkan DailySocial merupakan perusahaan media teknologi dan penelitian yang juga fokus pada pasar Indonesia yang didirikan pada 2008.

Menurut rilisnya yang diterima Okezone, Kamis (16/8/2012), salah satu alasan melakukan studi ini karena menilai kurangnya riset pasar dan data tentang industri E-Commerce Indonesia. Perhitungan pasar E-Commerce Indonesia menurut survei data publik dan konsumen, market size-nya diperkirakan mencapi USD0,6 hingga USD1,2 miliar.

Selain itu, menurut perhitungan dari pasar E-Commerce Indonesia dari survey pemain E-Commerce terkemuka di Indonesia, market size-nya diperkirakan USD0,8 hingga USD1,0 miliar. Banyak perusahaan E-Commerce dan investor yang memberikan kontribusi data transaksi untuk analisis ini.

Tapi sayangnya, kecuali forum online Kaskus, perusahaan E-Commerce dan investor tersebut meminta agar data pribadi perusahaan tidak diungkapkan sehinga yang bisa dilaporkan adalah agregatnya.

Data lain yang terungkap melalui survei adalah lebih dari dua pertiga yang mengakses internet dari rumah menggunakan desktop dan laptop. Barang yang berkaitan dengan fashion ternyata menjadi yang paling populer dibeli dengan menguasai sebesar 37 persen, diikuti oleh pemesanan travel secara online sebesar 20 persen, mengingat mudahnya proses pemesanan melalui internet. Sedangkan diurutan selanjutnya ditempat musik/video/game (20 persen), Elektronik (13 persen), dan buku (8 persen).

Setengah dari pembeli online ternyata menggunakan Facebook (50 persen) dan Kaskus (49,2 persen) untuk membeli barang. Untuk mengetahui pembeli online, Veritrans dan DailySocial bekerjasama dengan Disdus untuk mendistribusikan survei melalui mailing list media sosialnya.

Tranfer melalui Bank ternyata menjadi metode yang paling banyak digunakan dalam pembayaran eCommerce dengan menguasai 70 persen. Mayoritas pembeli online menghabiskan Rp500 ribu per transaksi, meski masih ada sebagian kecil pembeli yang bisa melakukan transaksi lebih dari Rp5 juta.

Sumber: http://techno.okezone.com